Fitur Baru Facebook Messenger: Deteksi Pesan Penipuan!

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
22 May 2020 16:40
FILE PHOTO: A picture illustration shows a Facebook logo reflected in a person's eye, in Zenica, March 13, 2015.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook meluncurkan fitur baru pada Facebook Messenger. Fitur ini untuk mendeteksi pesan penipu. Fitur ini akan membuat pengguna semakin nyaman menggunakan layanan chatting Facebook ini.

Fitur ini memanfaatkan machine learning dengan melakukan memendai akun guna mendeteksi aktivitas mencurigakan. Mesin canggih ini akan mendeteksi adanya anomali pada akun tersebut.


Contoh anomali adalah akun yang mengirimkan permintaan pertemanan pada banyak akun dalam jangka waktu tertentu atau akun yang mengirimkan permintaan pertemanan pengguna berusia di bawah 18 tahun.


Jika mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan, mesin ini akan mengirimkan pemberitahuan mengenai hall ini dan memberikan opsi kepada pengguna untuk memblokir akun tersebut atau mengizinkan obrolan.

Melansir TechCrunch, Jumat (22/5/2020), fitur sudah bisa digunakan oleh beberapa pengguna Android sejak Maret 2020 sedangkan penguna iOS harus menunggu beberapa minggu lalu.

Fitur ini ditujukan untuk mengurangi penipuan dan pengguna yang menyamar sebagai orang lain serta membantu melindungi anak di bawah umur dari aktor jahat. Sistem ini dirancang untuk membatasi interaksi orang dewasa dengan pengguna berusia lebih mudah yang belum terhubung atau jadi teman.

Facebook mengungkapkan fitur tersebut akan ditingkatkan dengan penambahan sistem keamanan encryption end-to-end pada platform.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading