Mudik Virtual! Ini Cara Pakai 5 Aplikasi Video Call Gratis

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
22 May 2020 11:35
Infografis, Jokowi Ajak Masyarakat Mudik Digital Foto: Infografis/Mudik Digital/Edward Ricardo
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang warga untuk mudik ke kampung halaman selama Lebaran atau Idul Fitri. Mereka berdua menganjurkan mudik virtual.

Mudik virtual adalah silaturahmi dengan keluarga, sanak saudara dan teman di Lebaran ini menggunakan video call. Bertatap muka dengan menggunakan aplikasi.


Berikut aplikasi video call digital yang bisa digunakan buat mudik virtual yang rangkum CNBC Indonesia, Jumat (22/5/2020):


1. WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi sejuta umat. Aplikasi ini paling sering digunakan untuk berkomunikasi. WhatsApp memiliki fitur video call dengan 8 orang dalam satu panggilan. Caranya, telepon orang ingin dihubungi lewat video call, setelah tersambuk ketuk ikon '+' lalu tambahkan peserta video call.

2. Google Duo

Aplikasi ini sebenarnya sudah ada di ponsel Android karena termasuk aplikasi bawaan Google. Saat ini aplikasi ini bisa menampung 12 orang dalam satu kali panggilan dan akan ditambahkan menjadi 32 orang dalam waktu dekat.

Cara memakai aplikasi masuk ke aplikasi kemudian pilih "Create Group" dan undang orang yang ingin diajak ngobrol. Bila Google Duo ditautkan dengan Gmail, mereka yang punya alamat email kamu juga bisa menghubungi via Googel Duo.

3. Line

Ini adalah aplikasi chatting asal Jepang yang populer di kalangan anak muda. Aplikasi ini baru saja meningkatkan kapasitas video call menjadi 200 orang. Untuk menggunakan tinggal ketika opsi video call di ruang percakapan dan undang teman yang ingin diajak ngobrol.

4. Messenger Rooms

Ini layanan baru tetapi gampang ditemui karena menempel di aplikasi Facebook dan Facebook Messenger. Fitur ini sudah bisa digunakan secara global dan menampung 50 orang dalam satu panggilan.

Cara menggunakan tinggal masuk ke Messenger kemudian klik 'People' dan "Create Room". Selanjut tinggal mengundang mereka yang ingin diajak ngobrol.

5. Google Meet

Ini juga ada di ponsel Android. Dulu namanya Hangouts. Video call menggunakan aplikasi bisa sampai 100 orang dan satu kali panggilan maksimal 60 menit. Cara gunakannya tinggal pilih opsi video call dalam aplikasi kemudian buat grup untuk bisa ngobrol.


[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading