Jatim Jadi Hotspot Baru Corona & Kurva DKI Turun, Yakin Nih?

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
22 May 2020 14:35
Infografis: Capai 14.300 Kasus, Korban Tewas Corona Jadi 305 Orang Foto: Infografis/Capai 14.300 Kasus, Korban Tewas Corona Jadi 305 Orang/Arie Pratama
Faktor lain yang juga sangat penting dalam penanganan wabah menular adalah dengan melakukan contact tracing. Metode ini digunakan untuk melacak siapa saja orang yang pernah berinteraksi dengan penderita. 

Tes Covid-19 yang sensitif secara masif dan contact tracing yang ketat dan disiplin terbukti berhasil di Korea Selatan. Pada pertengahan Februari lalu, Korea Selatan sempat menjadi negara dengan lonjakan kasus tertinggi di luar China.

Namun, karena pemerintah secara agresif melakukan tes dan contact tracing sejak dini kasus di Korea Selatan dapat ditekan sehingga gagal jadi episentrum wabah. Dengan tes dan contact tracing orang yang menderita dan berpotensi terinfeksi dapat diisolasi secara dini sehingga dapat memutus mata rantai penularan. 


Indonesia jika tidak menerapkan kebijakan lockdown seharusnya lebih agresif lagi dalam menggencarkan tes Covid-19. Lagipula sampai saat ini jika melihat dokumen kajian Kementerian PPN/Bappenas, angka reproduksi efektif (Rt) baik di DKI Jakarta maupun Jatim masih di atas 1. 

Perlu diketahui bersama Rt mengukur rata-rata jumlah infeksi yang terjadi dalam suatu waktu yang diakibatkan oleh infeksi tunggal. Jika angkanya masih lebih dari 1 maka penularan dalam populasi masih terjadi. Epidemi dikatakan terkendali jika setidaknya dalam kurun waktu 2 minggu Rt berada di bawah 1 secara konsisten.

Masalahnya angka Rt baik di DKI Jakarta dan Jatim masih berada di atas 1. Sehingga wacana pelonggaran PSBB sebetulnya kurang tepat untuk digulirkan di tengah minimnya tes secara agresif dan laju penularan yang tinggi. 

Angka Reproduksi Efektif (Rt) Covid-19 di Indonesia

Angka Reproduksi Efektif (Rt) Covid-19 di IndonesiaSumber : Kementerian PPN/Bappenas


Angka Reproduksi Efektif (Rt) Covid-19 di Indonesia

Angka Reproduksi Efektif (Rt) Covid-19 di IndonesiaSumber : Kementerian PPN/Bappenas

Fokus pemerintah dan seluruh elemen masyarakat sampai saat ini masih belum berubah, yakni fight to flatten the curve. Ke depan pemerintah baik pusat dan daerah harus lebih satu visi dan meningkatkan koordinasi dalam penanganan wabah.

Kebijakan yang jelas, tegas dan terukur mutlak diperlukan. Sementara untuk masyarakat hendaknya lebih menahan diri terlebih dahulu untuk tetap tinggal di rumah, memakai masker jika terpaksa keluar, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak aman guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

TIM RISET CNBC INDONESIA (twg/miq)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading