Media Asing Soroti Isu Atlet Jepang Sewa PSK Saat Asian Games

News - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
20 August 2018 14:25
Empat pemain basket Jepang dipulangkan ke negaranya karena isu prostitusi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Media asing ikut menyoroti kasus empat atlet basket Jepang di Asian Games 2018 yang dipulangkan ke negaranya karena skandal prostitusi.

Dikutip dari AFP, para pemain basket asal Jepang itu terlihat mengenakan seragam nasional Jepang di sebuah daerah prostitusi terkenal di Jakarta pada pekan lalu.

Sementara itu, Japan Times melaporkan empat pemain basket itu setelah makan malam dibujuk oleh calo untuk pergi ke hotel dengan wanita lalu melanjutkan dengan sebuah "aksi".


New York Times juga menaikkan berita yang menyebut para pemain basket itu menghabiskan beberapa jam di bar sebelum check in ke hotel dengan empat wanita, tinggal di sana hingga hari Jumat pagi. Hal itu seperti dikatakan Chef de Mission kontingen Jepang, Yasuhiro Yamashita.


Menyusul masalah ini, Japan Olyimpic Committee (JOC) meminta atlet tersebut untuk segera meninggalkan Indonesia.

"Komite Olimpiade Nasional Jepang memutuskan untuk menarik akreditasi mereka dan mengirim mereka kembali ke Jepang pagi ini," kata Yamashita.

"Kami memiliki kode disiplin khusus, ini merupakan pelanggaran yang jelas dari kode etik untuk delegasi Jepang. Para atlet harus menjadi teladan bagi masyarakat, tidak hanya di tempat olahraga tetapi juga pada kesempatan lain."

Yamashita mengatakan bahwa Komite Olimpiade Jepang menganggap masalah disiplin dalam tim mereka sangat serius.

Empat atlet basket itu adalah Yuya Nagayoshi, Takuya Hashimoto, Takuma Sato, Keita Imamura, empat atlet asal negara sakura telah membuat negaranya malu dan memaksa untuk memulangkan mereka.

"Saya hanya dapat merasakan malu," kata Yamashita.

"Kami sangat meminta maaf dan mulai sekarang kami berniat untuk memberi bimbingan menyeluruh kepada atlet," dikutip dari India Times.

Sementara itu, Kepala Basket Jepang Yuko Mitsuya mengatakan, ""Dengan rendah hati, Saya ingin meminta maaf kepada publik Jepang, JOC dan semua orang yang mendukung bola basket atas insiden menyedihkan ini."

"Kami akan memutuskan hukuman yang tepat untuk empat pemain tersebut setelah kami mendengar semua fakta. Kami harus bekerja lebih keras untuk memastikan skandal semacam ini tidak terjadi lagi." (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading