Trump-Xi Bertemu, Wall Street Hijau & S&P 500 Catat Rekor

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
29 June 2019 07:00
Ini merupakan kenaikan tertinggi dalam satu semester sejak sejak 1997.
New York, CNBC Indonesia - Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street), menutup perdagangan pekan ini dengan sempurna meskipun perang dagang masih menjadi isu sensitif buat pasar ekuitas.

Bahkan indeks S&P 500 tercatat mengukir kinerja terbaik satu semester, sejak 1997. Seperti dikutip dari AFP, indeks S&P 500 dini hari tadi berakhir di level 2.941,76, atau 0,6%.

Selama semester I, indeks S&P 500 tercatat naik 17,3%. Ini merupakan kenaikan tertinggi dalam satu semester sejak sejak 1997.

Dow Jones Industrial Average naik 0,3% menjadi 26.559,96, sementara Nasdaq Composite Index yang kaya teknologi naik 0,5% menjadi 8.006,24.


Selama pekan ini hingga Jumat, kinerja Wall Street dibayangi oleh antisipasi pembicaraan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Beberapa pengamat pasar terkemuka berpikir kedua belah pihak akan setuju untuk gencatan senjata pada tarif baru tetapi tidak mencapai kesepakatan yang komprehensif.

Kinerja Wall Street yang cuku kuat sepanjang 2019 sebagian disebabkan oleh optimisme atas kesepakatan perdagangan, serta ekspektasi sikap The Federal Reserve (The Fed) atau Bank Sentral AS yang cenderung dovish. Ada harapan ke arah pemotongan suku bunga.

Pada saat yang sama, sebagian besar analis tidak mempertimbangkan kemungkinan resesi dalam waktu dekat.

Sebuah catatan Jumat dari ahli strategi Gorilla Trades, Ken Berman, mengatakan data yang dirilis Jumat tentang pendapatan dan pengeluaran pribadi menunjukkan "bahwa konsumsi masyarakat masih bisa menjadi mesin pertumbuhan, setidaknya di dalam negeri, dan bahwa tarif perdagangan hanya memiliki pengaruh kecil pada permintaan," sejauh ini."

Harga saham bank-bank terus menguat karena sikap dovish The Fed, ada harapan penyaluran kredit akan meningkat. Harga saham baik Bank of America dan Goldman Sachs naik hampir tiga persen.

Apple turun 0,9 persen setelah raksasa teknologi itu mengumumkan bahwa kepala desain lama Jony Ive akan mundur untuk memulai perusahaannya sendiri.

Constellation Brands melonjak 4,6 persen setelah mengangkat beberapa perkiraan keuangan setahun penuhnya. Merek bir Modelo dan Corona perusahaan laris manis. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading