Cipali Terapkan Sistem One Way Selama Arus Mudik dan Balik

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 May 2019 20:57
Lintas Marga Sedaya bakal menerapkan sistem satu arah (one way) selama puncak arus mudik dan balik lebaran 2019 di jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali).
Jakarta, CNBC Indonesia - PTĀ Lintas Marga Sedaya bakal menerapkan sistem satu arah (one way) selama puncak arus mudik dan balik lebaran 2019 di jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Rekayasa lalu lintas ini ditujukan untuk menghindari terjadinya kepadatan lalu lintas dari kedua arah selama arus mudik dan balik tahun ini.

VPD Lintas Marga Sedaya Firdaus Azis mengatakan akan terjadi kenaikan volume kendaraan hingga 12% selama masa tersebut dibandingkan dengan arus mudik dan balik lebaran tahun lalu. Jumlah kendaraan yang akan melintas diperkirakan mencapai 1,7 juta selama H-10 hingga H+10 yang naik dari 1,5 juta kendaraan.


"Untuk menghindari adanya kepadatan lalu lintas, kami akan memberlakukan one way untuk arus mudik mulai dari 30 Mei-2 Juni dan untuk arus balik akan diberlakukan pada 7-9 Juni," kata Firdaus di Menara Astra, Senin (20/5).


Dia menjelaskan, di jalur ini diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-5 dengan volume kendaraan mencapai 106.000 kendaraan yang naik dari 94.000 di tahun lalu.

Sedangkan untuk arus balik diperkirakan akan mencapai puncaknya pada H+3 lebaran dengan volume kendaraan lebih tinggi mencapai 109.000 kendaraan dari 96.000 kendaraan di tahun lalu.

Untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan, operator tol ini juga akan mengoperasikan sebanyak 26 gardu tol, dari 12 gardu yang beroperasi pada saat ini.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading